Positive Thinking

Positive Thinking Akan Sangat Membantu Pola Pikir Kita Dalam Berkomunikasi Antara Kita Serta berkreasi Maupun Dalam Menunjang Aktivitas Kita

Rabu, 22 Desember 2010

Suasana di Pelabuhan Merak

ASDP Merak: Antrean Truk karena Cuci Gudang
Merak (ANTARA News) - Selain faktor cuaca yang menyebabkan pengoperasian kapal rool on roll of di Pelabuhan Merak terganggu, antrean ribuan truk juga dikarenakan banyak perusahaan sembako yang cuci gudang jelang akhir tahun 2010.

"Ada dua penyebab atau faktor antrean ribuan truk yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung dari Merak terganggu. Pertama cuaca, dan kedua banyak perusahaan sembako dan sejenisnya yang melakukan cuci gudang pada akhir tahun 2010 ini," kata Kepala PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan, Teja Suparna didampingi staf Humas setempat, Mario, Jumat.

Dia menjelaskan, dengan adanya cuci gudang yang dilakukan oleh perusahaan makanan yang ada, menyebabkan volume kendaraan mengalami peningkatan lebih dari 100 persen.

"Jadi saat ini, kami hanya bisa melayani para pengguna jasa penyeberangan laut secara maksimal, karena gelombang tinggi dan angin kencang. Fenomena alam seperti ini kami tidak bisa menolak dan melawan," ujarnya.

Untuk saat ini Kata Teja, dari 33 kapal ro-ro yang ada di Pelabuhan Merak, empat diantaranya sedang mengalami perawatan. "Kami mengoeprasikan semua kapal yang ada, tapi untuk yang perawatan tentunya tidak beroperasi," katanya menambahkan.

Meski kapal yang ada semuanya dikerahkan, masih menurut Teja, hal tersebut tidak bisa dilakukan secara maksimal, lantaran saat ini sejumlah dermaga yang ada di Pelabuhan Merak tidak dapat digunakan, akibat cuaca buruk.

"Jadi percuma saja, kalaupun kapal yang ada dilintasan banyak, tetapi karena cuaca buruk seperti ini, kapal tidak bisa beroperasi, dan dari lima dermaga yang ada di Pelabuhan Merak, hanya dua dermaga saja yang efektif digunakan, karena dermaga lainnya tidak bisa dimanfaatkan, karena kapal yang akan sandar di dermaga III, IV dan V tidak bisa dilakukan akibat gelombang dan angin yang tinggi serta kencang," katanya menambahkan.

Pada tiga dermaga tersebut masih menurut Teja, posisinya menghadap ke laut lepas, berbeda dengan dermaga I dan II, terhalang oleh pulau yang ada di sekitar Pelabuhan Merak. "Kalau dermaga I dan II, tidak terlalu masalah walaupin cuacanya seperti ini, karena di belakang dermaga itu ada pulau, sehingga gelombang di pinggir dermaga tidak terlalu tinggi," ujarnya.

Pantauan di lokasi, ribuan truk angkutan sembako dan pakan ternak masih antre didalam Pelabuhan Merak dan jalan layang Cikuasa Atas, Merak.

Bahkan antrean truk di jalan layang memanjang sampai tiga kilo, hampir menutup pintu masuk dan keluar tol Cilegon Barat. (ANT/K004)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar