Positive Thinking

Positive Thinking Akan Sangat Membantu Pola Pikir Kita Dalam Berkomunikasi Antara Kita Serta berkreasi Maupun Dalam Menunjang Aktivitas Kita

Rabu, 09 Februari 2011

Gempa 5,7 SR Landa Jember

Jember (ANTARA News) - Sebagian warga Kabupaten Jember, Jawa Timur, merasakan gempa bumi berkekuatan 5,7 skala Richter (SR) yang berpusat di kawasan Nusa Dua, Bali, Selasa (8/2) malam, pukul 22.26 WIB.

Berdasarkan informasi yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rabu pagi, bahwa pusat gempa berada di 235 km BaratDaya Nusa Dua, Bali, tepatnya pada 10,37 derajat Lintang Selatan - 113,79 derajat Bujur Timur, dengan kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami.

"Saya sempat terbangun tadi malam ketika tempat tidur terguncang, namun gempa tidak lama hanya beberapa detik saja," kata seorang warga Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Rahmawati, Rabu.

Ia mengaku tidak bisa tidur setelah gempa bumi tersebut karena khawatir terjadi gempa susulan yang lebih besar.

"Saya tunggu sekitar dua jam, ternyata tidak ada gempa susulan dan akhirnya saya tertidur karena sudah ngantuk dan capek," tuturnya.

Hal senada juga disampaikan warga Kecamatan Kaliwates lainnya, Ari Kurniawati, yang merasakan getaran gempa bumi yang tidak terlalu lama.

"Guncangan gempa cukup pelan, namun saya bisa merasakan karena kebetulan tempat tidur saya berada di lantai dua," tuturnya.

Kendati demikian, pegawai swasta itu tidak panik karena Kabupaten Jember sering merasakan terjadi guncangan akibat gempa, namun tidak ada kerusakan apapun di rumahnya karena diprediksi pusat gempanya cukup jauh.

"Benda-benda di sekitar rumah hanya berguncang dan tidak ada yang rusak karena guncangan gempa hanya berlangsung kurang satu menit," paparnya.

Situs BKMG juga menyebutkan pusat gempa berada di laut 244 km Tenggara Jember, dengan lokasi 10,3 derajat Lintang Selatan - 113,79 derajat Bujur Timur, dengan kedalaman 10 km yang memiliki kekuatan 5,7 SR.

Kabupaten Jember pernah diguncang gempa bumi berkekuatan 5,0 SR, awal Januari lalu yakni pada Selasa (4/1), sekitar pukul 04.24 WIB.

BMKG mencatat gempa bumi terjadi pada lokasi 10,47 derajat Lintang Selatan dan 113.33 derajat Bujur Timur, berkedalaman 10 kilometer, namun gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, dengan pusat gempa 258 kilometer Barat Daya Kabupaten Jember.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar