Positive Thinking

Positive Thinking Akan Sangat Membantu Pola Pikir Kita Dalam Berkomunikasi Antara Kita Serta berkreasi Maupun Dalam Menunjang Aktivitas Kita

Selasa, 22 Februari 2011

BMKG: Cuaca Perairan Selat Sunda Relatif Normal


Lebak (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprakirakan cuaca perairan Selat Sunda pada Senin malam hingga Selasa pagi relatif normal dengan ketingggian gelombang 1,8 meter dan jarak pandang tiga sampai enam kilometer.

Pengamat cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Serang, Halim Perdana Kusuma, Senin, menyebutkan, selama beberapa hari ke depan cuaca di perairan Selat Sunda hingga Pelabuhan Merak-Bakauheni diperkirakan relatif normal dan tidak membahayakan bagi nelayan maupun pelaku pelayaran.

Tinggi gelombang perairan Selat Sunda berkisar 1,2-1,8 meter dengan kecepatan angin rata-rata 10 knot atau 20 kilometer per jam.

Gelombang bergerak dari arah barat juga angin dari arah barat dengan jarak pandang berkisar antara tiga sampai enam kilometer.

Cuaca berawan dan berpeluang hujan ringan dan sedang serta suhu berkisar 23-30 derajat Celcius.

Selama ini, kata dia, cuaca perairan Selat Sunda hingga ke pesisir Ciwandan, Bojonegoro, Karangantu, Pulorida, Merak dan Anyer dinyatakan aman bagi nelayan dan pelayaran.

"Dengan tinggi gelombang 1,8 meter dan angin rata-rata 10 knot relatif normal untuk pelayaran Kapal Ro-Ro dan Kapal Cepat yang melayani Pelabuhan Merak-Bakauhnei," katanya.

Sementara tinggi gelombang perairan Banten bagian selatan berkisar 1,0-2,5 meter dengan kecepatan angin rata-rata 12 knot. Gelombang bergerak dari arah barat dan tiupan angin berkisar 3-12 knot.

Tiupan angin bergerak dari arah barat dengan jarak pandang 4-6 kilometer.

"Kami minta nelayan tidak melaut dulu untuk menghindari kecelakaan laut karena tinggi gelombang mencapai 2,5 meter," ujarnya. (MSR/A027/K004)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar