Temanggung (ANTARA News) - Hutan lindung di kawasan lereng Gunung Sindoro, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Minggu malam terbakar lagi.

Asisten Perhutani Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH Temanggung, Juni Junaidi di Temanggung, mengatakan, kebakaran terjadi di petak 10 dan 11 Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Kwadungan.

Seminggu yang lalu kawasan petak 10 RPH Kwadungan juga terbakar.

Juni menyebut, titik api mulai terlihat sekitar pukul 18.30 WIB di petak 10. Sekitar pukul 21.00 WIB api merambat ke petak 11 menghanguskan tanaman rimba campur.

"Dugaan sementara kebakaran kali ini merupakan kelanjutan dari kebakaran pekan lalu, kemungkinan akibat di jurang-jurang ada tunggak kayu yang masih membara kemudian tertiup angin dan menimbulkan kebakaran lagi," katanya.

Ia mengatakan, belum mengetahui luasan yang terbakar.

Menurut dia, pada malam hari upaya pemadaman sulit dilakukan karena terkendala kondisi medan yang berat dan angin bertiup kencang.

Namun demikian, katanya, tujuh petugas Perhutani dibantu TNI dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Papringan, Kecamatan Ngadirejo memantau kebakaran tersebut.

"Pada malam hari sulit untuk memadamkan api, kami juga memperhatikan keselamatan petugas, dari pada petugas yang celaka karena medan sulit. Jadi kami pantau saja. Kecuali kalau api merambat ke bawah baru kami bergerak," katanya.

Ia mengatakan, kalau api masih menyala, upaya pemadaman akan mulai dilakukan Senin (24/9) pagi.
(ANT)